Perkemahan HW Qabilah Jendral Sudirman

Perkemahan satu malam yang dilaksanakan oleh Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) Qabilah Jendral Sudirman yang berpangkalan di Gugus SD Muhammadiyah Hajjah Nuriyah Banjarbaru pada tanggal 24 Oktober 2014 bertempat di halaman sekolah yang merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh pandu athfal, rakanda, dan ayunda -sebutan bagi siswa, pembina putera dan puteri dalam gerakan kepanduan Hizbul Wathan-.

Dalam kegiatan tersebut diisi dengan pengenalan kepanduan Hizbul wathan, tata cara mendiriakan dan membongkar tenda, memasak sederhana, lagu dan yel-yel, semboyan, sandi, dan teknik kepanduan yang semuanya dibawakan dalam suasana gembira dan bersahabat.

Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (disingkat HW) sendiri adalah salah satu organisasi otonom (ortom) di lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah. Ortom Muhammadiyah lainnya adalah: 'Aisyiyah, Nasyiatul 'Aisyiyah (NA), Pemuda Muhammadiyah (PM), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Tapak Suci Putera Muhammadiyah, dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM).
HW didirikan pertama kali di Yogyakarta pada 1336 H (1918 M) atas prakarsa KH Ahmad Dahlan, yang merupakan pendiri Muhammadiyah. Prakarsa itu timbul saat dia selesai memberi pengajian di Solo, dan melihat latihan Pandu di alun-alun Mangkunegaran. Gerakan ini kemudian meleburkan diri ke dalam Gerakan Pramuka pada 1961, dan dibangkitkan kembali oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah dengan SK Nomor 92/SK-PP/VI-B/1.b/1999 tanggal 10 Sya'ban 1420 H (18 November 1999 M) dan dipertegas dengan SK Nomor 10/Kep/I.O/B/2003 tanggal 1 Dzulhijjah 1423 H (2 Februari 2003)

HW berasaskan Islam. HW didirikan untuk menyiapkan dan membina anak, remaja, dan pemuda yang memiliki aqidah, mental dan fisik, berilmu dan berteknologi serta berakhlak karimah dengan tujuan terwujudnya pribadi muslim yang sebenar-benarnya dan siap menjadi kader persyarikatan, umat, dan bangsa. (sumber: Wikipedia)

Posting Komentar

0 Komentar