Muhayya Camp












Muhayya Camp atau Perkemahan Pandu Hizbulk Wathan Qabilah Jendral Sudirman Pangkalan SD Muhammadiyah Hajjah Nuriyah (SD Muhayya) dilaksanakan pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 4-5 April 2019.

HW atau Hizbul Wathan adalah kegiatan kepanduan yang dilaksanakan pada lingkup sekolah-sekolah Muhammadiyah. Kegiatan Hizbul Wathan ini merupakan kegiatan ekstrakurikuler. Pada sekolah-sekolah tertentu kegiatan ini merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib, namun ada pula sekolah yang menerapkan kegiatan Hizbul Wathan merupakan kegiatan ekstrakurikuler pilihan.
Menurut KH Ahmad Dahlan, pemrakarsa kegiatan Hizbul Wathan, keegiatan ini terinspirasi dari kegiatan kepanduan yang dilaksanakan di alun-alun Mangkunegaran. Maka banyak kegiatan HW yang hampir sama dengan kegiatan kepanduan. Yang membedakan kegiatan HW dengan kegiatan kepanduan pada umumnya adalah nafas islami yang menjadi dasar utama kegiatan ini.
Kegiatan HW didirikan untuk menyiapkan dan membina anak, remaja, dan pemuda yang memiliki aqidah, mental dan fisik, berilmu dan berteknologi serta berakhlak karimah dengan tujuan terwujudnya pribadi muslim yang sebenar-benarnya dan siap menjadi kader persyarikatan, umat, dan bangsa.
Latihan-latihan yang dilaksanakan pada kegiatan ini lebih banyak dilakukan di luar ruangan. Dengan harapan kegiatan ini menjadi kegiatan yang menyenangan, menarik dan menantang untuk seluruh peserta kegiatan HW. Melalui kegiatan latihan HW inilah kita juga melatih anak agar menjadi pribadi yang tagguh dan mandiri.Untuk anak-anak tingkat Sekolah Menengah Pertama, salah satu kegiatan HW yang selalu ditunggu-tunggu adalah kegiatan perkemahan. Pada kegiaan perkemahan inilah anak diuji, sudah sampai seberapa materi yang diserap oleh anak dan yang bisa diterapkan dalam kegiatan perkemahan ini. kegiatan perkemahan ini merupakan sebuah wahana berlatih, baik secara perorangan maupun kelompok.Bagaimana setiap anak berusaha menyiapkan diri sendiri dalam menghadapi perkemahan? Pada umumnya berawal dari kegiatan kelompok terlebih dahulu. Pada saat anak-anak, anggota dan pengurus regu, saling menjalin komunikasi yang baik dalam mempersiapkan maupun pelaksanaan perkemahan.

Posting Komentar

0 Komentar