Outing Class: Balai Litbang LHK

Keseruan kembali terjadi oleh siswa SD Muhayya Banjarbaru!.




Bagaimana tidak, menjelang libur Ramadhan 1440H, SD Muhammadiyah Hajjah Nuriyah melakukan study lapangan Outing Class yang kali ini bertempat di Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Banjarbaru http://foreibanjarbaru.or.id/ yang beralamat di Jalan A. Yani Km. 28,7 Landasan Ulin Banjarbaru.
Jumat (03/05) pagi-pagi, anak-anak sudah berkumpul di depan halaman aula setelah diantarkan oleh orang tua masing-masing. Sejenak kemudian mereka diberikan pengarahan oleh Kepala Sekolah dan sambutan dari Kepala Balai Litbang LHK Banjarbaru.







Menyambut baik kunjungan ini, Kepala balai menjelaskan tentang keberadaan arboretum maupun Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) yang dikelola BP2 LHK Banjarbaru dengan masing-masing kriteria lahannya.



Siswa dibagi menjadi 2 kelompok besar; Kelompok pertama memasuki ruang aula untuk mendapatkan materi tentang Flora dan Fauna serta apa saja kegiatan yang dilakukan di Balai Litbang LHK oleh para peneliti dan petugas di sana. Siswa juga berkesampatan untuk melihat dan menyentuh langsung beberapa fauna yang di pelihara di sana, diantaranya: Ular, Kadal, Bunglon dan lainnya.
Sedangkan kelompok kedua menuju area splended (persemaian), Siswa dan siswi sangat antusias mengikuti sesi demi sesi yg telah dirangkai menjadi kegiatan yang menarik ini. Sesi pengenalan tumbuhan di arboretum dibimbing oleh Rusmana, Junaidah dan Fajar Lestari, para peneliti. Di sesi ini, anak-anak dikenalkan tentang hutan dan manfaatnya bagi kehidupan, dan jenis-jenis tanaman hutan beserta ciri-ciri dan manfaatnya, seperti : ulin (Eusideroxylon zwageri), galam (Melaleuca leucadendron), gaharu, dan pulai (Alstonia angustiloba). Di  arboretum siswa siswi melakukan sendiri proses pembibitan dimulai dengan memilih biji/bibit, mencampur media tanam (sekam, Pupuk Kandang, tanah gambut), memasukkan media tanam ke dalam polybag dan mengaturnya pada barisan2. setelah itu mereka diajak untuk melihat koleksi tanaman anggrek dan tanaman lainnya di rumah kaca. 


Kegiatan kunjungan ini menjadi salah satu wadah bagi BP2LHK Banjarbaru untuk mengenalkan pentingnya keberadaan hutan beserta tumbuhan dan satwa yang  ada di dalamnya sejak usia dini sehingga tumbuh kecintaan dan kesadaran untuk melestarikan hutan. Mari kita lestarikan hutan kita dengan menanamkan kecintaan pada lingkungan di sekeliling kita.




Posting Komentar

0 Komentar